Jabatan yang “Miskin” Peminat

Jabatan yang “Miskin” Peminat

Pranata Humas

SAMARINDA. Salah satu catatan mengemuka pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jabatan Fungsional Pranata Humas, tentang rendahnya minta pegawai menjadi pranata humas. Kaltim secara keseluruhan, bisa tergolong tenaga pranata humas masih minus. “Untuk Pemprov Kaltim, menurut laporan Kepala Biro Humas Pemprov Kaltim, sampai akhir 2007, tenaga jabatan fungsional pranata humas berjumlah 9 orang, tersebar di badan/dinas/Biro Humas dan satu orang kini telah purna tugas atau pensiun,” ujar Asisten I Sekprov Kaltim Sjachruddin mengutip apa yang dituangkan Gubernur Kaltim dalam sambutannya.

Sedangkan tenaga jabatan fungsional pranata humas di tingkat kota berjumlah empat orang, yang terdiri dari tiga orang berasal dari Kota Balikpapan dan satu orang dari Kota Samarinda. Sehubungan dengan itu, Sjachruddin berharap, Ditjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi Direktorat Kelembagaan Komunikasi Pemerintah Daerah, Departemen Komunikasi dan informatika (Depkominfo), dapat mengindenifikasi dan menganalisis mengapa PNS (Pegawai Negeri Sipil) kurang atau tidak berminat mengisi formasi jabatan fungsional ini. “Apakah persyaratan yang terlalu berat atau masih kurangnya sosialisasi dan diseminasi tentang tenaga jabatan fungsional pranata humas, sehingga kurang atau tidak diminati para PNS,” katanya. Ditambahkan, “Atau PNS sekarang ini, sudah cukup puas dengan menunggu empat tahun sekali kenaikan pangkat reguler pada tahun berikutnya. Ini merupakan pekerjaan rumah bagi kita semuanya.”

Dia berharap banyak, setelah mendapatkan pencerahan melalui Bimtek ini, akan semakin banyak yang tertarik buat segera mengisi formasi tenaga jabatan fungsional pranata humas, mengingat buat mengisi formasi jabatan struktural formasi yang tersedia relatif terbatas dan tingkat persaingan semakin ketat.

“Sekali lagi saya ingatkan, jabatan ini sebenarnya prospek dan kesempatan buat mengembangkan karir lebih cepat. Tak perlu takut untuk menjadi pranata humas, Bimtek ini merupakan kesempatan mengetahui dan memahami dengan baik apa yang dimaksud dengan jabatan fungsional pranata humas,” pungkasnya. (ama)

Sumber : Sapos Rabu, 02/04/2008

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s